Friday, 7 September 2012

Belajar Upload Website Ke Server Hostinger.com

hey sahabat syntax error kali ini saya akan memposting mengenai Belajar Upload Website Ke Server Hostinger.com. tentunya bagi kalian yang sudah bosen belajar membuat website dengan CMS joomla dan sebagainya yang menggunakan local host.

untuk menyegarkan kembali server itu ada dua, yang satu local host dan yang satu lagi server host. local host adalah media penyimpanan komponen website anda yang hanya bisa dinikmati oleh anda sendiri di komputer  anda sendiri. jadi misalkan anda instal cms joomla anda di laptop personal anda. jadi ya yang bisa membuka dan mengedit secara control panel hanya anda sendiri.

nah yang kedua ada server host. server host disini anda menyewa webhosting entah itu berbayar (ipage, justhost.com,  Hub ) dan ada juga yang gratis kalau yang gratis saya rekomendasikan anda menggunakan hostinger. kenapa memakai hostinger ? karena idhostinger menyediakan space 2 GB, file yang iupload juga bebas, karena ada juga free-host yang membatasi ekstensi file-file yang tidak bolah di-upload.. Database juga unlimited, andapun bebas membuat subdomain lagi.


Karena free, tentu ada keterbatasannya, yaitu kalau dalam tempo 30 hari tidak ada aktivitas, apalagi tidak ada file index, maka website anda akan di non-aktifkan (diberitahukan lewat email anda) , namun enaknya lagi melalui email anda juga, web-site dapat anda  re-aktifasi kembali.
Anda dapat upload file melalui cpanel dari host tersebut, namun saya biasanya lebih seneng menggunakan FTP – Filezilla, kecuali utnuk membuat database, kita harus menggunakan cpanel defaultnya.
Baik cara Register, maupun Login ke Free-host tersebut tak perlu kita buatkan artikel, karena prosedurnya hampir sama apabila kita melakukan register di internet. Sedangkan untuk menjalankan Filezilla juga tidak rumit, cukup anda masukkan  dalam “Mesin” ini nama alamat website anda, misalnya www.swaramedina.16mb.com, kemudian “Nama Pengguna” ini adalah username yang diberikan oleh administrator web-host, dan “Kata kunci” adalah Password-nya untuk “Port” dikosongi saja, lalu klik “Kunci cepat” kalau memang isian sudah benar, anda akan memasuki folder-folder website anda. Apapun hosting yang anda pilih, jangan sekali-kali merubah isi folder, selain didalam “public_html” atau “www”

download aplikasi upload : filezilla

5 komentar:

  1. Thanks, Sob...buat pembelajaran nih, mau coba yang gratisan dulu!

    ReplyDelete
  2. awalnya aku daftar yang gratisan gtu dech...tpi dinonaktifkan krna nggak da aktifitas dsna..tpi stlah aku re aktifasi kok jdi berbayar yach???....aku pngen me non aktifkn lgi deeech...krna nggak ada wktu buat ngelola website ku.gmna caranya ya gan?mkcih sblmnyaaaa..............

    ReplyDelete
  3. permisi pak, maaf saya masih awam, tapi saya sangat senang sekali untuk belajar dunia internet, khususnya pembuatan website dengan HOSTINGER. tapi saya masih belum paham secara detail tentang langkah dari awal sampai proses peluncuran website saya. apakah bapak punya tutorialnya dalam bentuk yang lebih lengkap ,,mungkin dalam file PDF agar saya mudah mempelajarinya.
    terimakasih atas bantuannya.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar yang sopan, jika anda berminat untuk copas artikel saya silahkan dan dimohon untuk bakclink blog saya, tinggalkan alamat blog anda di kolom komen untuk saya backlink thanks